Alasan Yang Membuat Kenapa Banyak Orang Miskin

Kenapa Banyak Orang Miskin

Alasan Yang Membuat Kenapa Banyak Orang Miskin – Masalah kemiskinan merupakan masalah yang pelik dan menarik perhatian banyak orang. Di berbagai acara, seminar dan diskusi masalah kemiskinan menjadi topik pembahasan yang saat ini masih tak ada jalan keluar atau solusinya. Di tengah tingginya angka kemiskinan di negara Indonesia khususnya di wilayah desa. Penulis sendiri termasuk salah seorang orang miskin di perkotaan membuat tertarik untuk menulis artikel tentang ini yakni alasan orang tetap miskin dan cara keluar dari kemiskinan.

Kata miskin jauh dari kamus manusia. Miskin bukanlah kondisi anda yang sebenarnya. Kalau keluarga anda miskin maka itu yang miskin keluarga anda. Sedangkan anda adalah kaya. Sebagaimana setiap manusia di dunia memiliki kesempatan yang sama untuk hidup kaya raya dan lahir dengan kelengkapan anggota tubuh, kecerdasan dan panca indera.

Seseorang yang berasal dari keluarga miskin maka ia bisa hidup kelak menjadi kaya raya, jutawan dan miliarder. Dan itu semua banyak contohnya. Misalkan : JK Rowling, Marc Zuckenberg, Eka Lesmana dll.

Alasan Yang Membuat Kenapa Banyak Orang Miskin

Sebenarnya sangat mudah untuk mencari penyebab seseorang menjadi miskin. Yang pokok adalah banyaknya alasan. Berikut ini alasan yang sering dilontarkan orang yang membuatnya ia tetap hidup miskin, antara lain:

1.Seandainya saya memiliki isteri dan keluarga maka hidup saya akan lebih kaya raya. Sebab adanya target dan semangat untuk menafkahi.

Namun setelah ia mempunyai istri dan anak atau keluarga kecil secara utuh, ia tetap tidak kaya kaya karena semangat bekerjanya sangat lemah. Kemudian ia beralasan lagi bahwa kalau ia mempunyai keluarga besar atau anak yang lebih banyak maka ia akan lebih semangat bekerja dan memuluskan untuk kaya raya. Begitulah alasan-alasan yang kerap dilakukan oleh orang miskin. Yang intinya lebih banyak alasan ketimbang bertindak dan berusaha.

Sudahlah jangan banyak alasan. Untuk menjadi orang kaya tidak dibutuhkan alasan. Yang diperlukan adalah kerja keras. Tidak ada yang salah jika anda saat ini belum menikah dan mempunyai keluarga. Di luar sana banyak orang yang belum menikah tapi semangat kerja keras mereka sangat tinggi. Hingga banyak bujangan maupun perawan yang menjadi kaya raya atau mapan saat ini. Dan ini fenomena di tanah air.

2.Seandainya saya mempunyai penampilan menarik. Seperti tinggi, keren dan tampan. Pastinya akan membuat orang tertarik pada saya. Yang memuluskan saya jadi kaya raya”. Itulah alasan lain yang kerap dilakukan oleh orang miskin yang selalu menyalahkan keadaan.

3.Seandainya saya memiliki uang pastinya saya akan jadi kaya raya”. Alasan klasik yang sering dilontarkan untuk membenarkan dirinya tetap miskin. Yang membuat anda tak memiliki uang bukan salah orang lain tapi salah anda sendiri. Mengapananda tak mau bekerja lebih keras dan tak mau berusaha mempunyai uang?

4.Seandainya saya mempunyai pendidikan tinggi atau tingkat pendidikan yang lebih baik”. Alasan lain yang kerap kali diucapkan orang untuk menghambat ia kaya raya adalah tingkat pendidikan yang sangat rendah. Seperti tamatan SD. Padahal tingkat pendidikan seseorang tidak mempengaruhi ia menjadi kaya raya atau tidak. Tingkat pendidikan hanyalah memudahkannya ia bekerja.

Lihatlah di luar sana banyak pengusaha di Indonesia dan dunia yang sukses dan kaya raya tanpa memiliki jenjang pendidikan formal SD sekalipun. Mereka kaya raya karena berpikir, bekerja dan berusaha tanpa mengeluh dan banyak alasan. Sehingga ia bisa mempekerjakan orang-orang yang berpendidikan tinggi

5.Seandainya saya mengetahui ini lebih awal maka saya akan cepat kaya raya.”Alasan lain yang sering dilontarkan orang miskin adalah menyalahkan keadaan. Seandainya mengetahui kesempatan emas ini sepuluh tahun lalu maka saya bisa cepat kaya.

Kenapa Banyak Orang Miskin

Kesempatan dalam hidup ini akan selalu ada. Laksana orang yang mengetuk pintu. Namun anda saja yang tidak mengambilnya segera dan bertindak cepat. Sehingga kesempatan itu menjadi hilang. Oleh karena itu, persiapkan dan jangan pernah melewatkan kesempatan emas itu berlalu lagi dalam kehidupan anda.

Apalagi di era teknologi informasi dan komunikasi yang canggih saat ini kesempatan baik selalu ada dan terbuka lebar. Misalkan dengan hadirnya Facebook. Kesempatan-kesempatan emas dapat ditemukan di mesia sosial seperti Facebook. Tinggal kesiapan anda untuk mengambil peluang emas itu.

6.Seandainya saya mempunyai kesehatan dan kondisi badan yang lebih baik”. Alasan lain yang diucapkan adalah kesehatan yang kurang baik dan sejumlah alasan lain yang memblok dirinya untuk sukses dan kaya raya.

Anda bisa melihat Nick Vujicic. Ia merupakan pria yang tidak mempunyai tangan dan kaki. Namun ia dapat menjadi miliarder dunia dan memotivasi banyak orang. Apabila anda masih mempunyai anggota tubuh yang lengkap tidak ada alasan untuk tidak sukses. Lihatlah Nick Vujicic.

7.Seandainya saya mempunyai waktu.” Perkataan ini sering dilontarkan oleh seseorang yang masih bekerja pada orang lain atau karyawan. Dimana ia kesulitan dalam mengatur waktu atau ia sibuk hingga tidak bisa kaya raya. Ingatlah jangan banyak alasan. Anda tetap bisa mengerjakan sesuatu di tengah kesibukan anda di kantor dengan memanfaatkan waktu luang. Yang penting jangan banyak alasan.

Anda harus mengontrol hidup anda. Jangan biarkan orang lain mengontrol hidup anda. Sehingga anda selamanya hidup miskin. Anda harus mengendalikan hidup anda sendiri.

Misalkan anda sibuk di kantor. Namun ingin jadi penulis. Anda tetap bisa menulis artikel atau buku di waktu malam hari sepulang kerja di kantor. Berhentilah untuk banyak alasan. Karena itu tidak akan membuat anda kaya raya justeru akan semakin membuat anda miskin. Anda mau miskin selama hidup anda? Tentu tidak bukan? Makanya jangan banyak beralasan.

8.Seandainya saya masih muda.”Hal ini sering dilontarkan oleh mereka yang lanjut usia. Yang membuat mereka tak melakukan bisnis karena faktor usia yang tua. Padahal banyak pengusaha yang memulai usahanya di usia senja dan mereka bisa sukses dan kaya raya di usia tua. Seperti Kolonel Sanders yang membangun bisnis ayam goreng KFC, Bob Sadino dan lain sebagainya.

Alasan yang serupa adalah seandainya saya sudah tua. Hingga bisa dipercayai oleh orang lain”. Hai anda dapat melihat banyak orang-orang muda saat ini yang menjadi pengusaha kaya dan menjadi miliarder. Mereka tak beralasan dengan usia muda. Justeru merupakan aset untuk bisa sukses dan kaya dengan cepat. Berhentilah beralasan jika anda ingin kaya.

9.Seandainya lingkungan keluarga saya berasal dari orang-orang kaya”. Alasan lain dilontarkan untuk melakukan pembenaran yang membuatnya ia miskin dan tetap miskin. Padahal anda bisa mencari lingkungan baru karena anda mempunyai kaki maka hijrahlah ke tempat baru. Keluarlah dari lingkungan yang buruk bagi anda. Sebab dunia ini luas. Jangan sampai kalah oleh para TKW dan TKI yang dapat membawa uang sampai ratusan juta rupiah.

10.Seandainya saya mendapatkan dukungan keluarga.” Alasan lain yang selalu terucap dari orang tak akan sukses. Anda bisa melihat banyak pengusaha kaya raya tanpa adanya dukungan keluarga. Namun mereka tetap berusaha sehingga dapat membuktikan kebenaran dan kekayaan mereka.

Pendek kata, stop atau hentikan alasan anda.Anda jangan banyak alasan yang membuat anda tetap miskin. Orang-orang jutawan dan miliarder mereka dapat menjadi kaya tanpa adanya alasan yang tertanam dalam diri mereka. Yang penting jangan menyerah dengan keadaan. Bagaimana dengan anda saat ini?

Anda harus waspada jika ada banyak alasan dalam diri anda. Lihatlah JK Rowling sebelum ia kaya raya maka ia tidak banyak alasan untuk tak menulis novel. Di tengah kemiskinan yang ada dan kesulitan waktu dan sarana untuk menulis novel maka ia berusaha keras untuk bisa menulis novel. Sehingga ia sering menulis tulisan novel di tisu pada waktu naik kereta api. Hingga novel Harry Potter menjadi terlaris di dunia yang menghantarkannya kaya raya.

Anda dapat melihat orang miskin selalu mencari alasan terus. Sedangkan calon jutawan atau orang kaya tidak pernah beralasan. Sekarang yang menjadi pertanyaan, dimana asalnya muncul alasan-alasan tersebut? Alasan-alasan itu muncul berkat bisikan-bisikan setan yang mencegah manusia untuk sukses dan kaya raya.

Demikianlah alasan yang membuat kenapa banyak orang miskin yang sering dilontarkan oleh pecundang yang membuatnya hidup tetap dalam kondisi miskin. Memang enak sih hidup menyalahkan orang lain dan keadaan. Tapi lebih enak jika kita bertanggungjawab terhadap hidup kita. Semoga bermanfaat.

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *